About Me

My photo
I'm just ordinary woman who really loves reading and writing :)

Monday, May 16, 2016

Dollhouse - Playmat Making

Di sini saya ingin bercerita bagaimana saya membuat lembaran-lembaran halaman dollhouse menjadi sebuah playmat. Awalnya agak bingung bagaimana saya bisa membuat playmat sementara saya tidak punya kain yang cukup lebar untuk menempel 8 lembar halaman dollhouse. Sebenarnya tadinya malah mau bikin 1 halaman lagi tapi lalu dibatalkan, yaitu halaman beternak. Halaman beternak rencananya akan ada kandang ayam dan kelinci tapi lalu dibatalkan karena takutnya Aica meminta memelihara itu nantinya hehehe (berfikir terlalu advance).
Nah,, karena hanya punya kain seadanya, akhirnya saya menyatukan 2 kain lebar menjadi 1. Tetapi bukan itu urutan membuatnya! Pertama-tama saya menentukan urutan halaman yang akan ditempel. Lalu setelah itu memperkirakan cara melipat playmat karena rencana akan dibuat berbentuk rumah nantinya. Setelah ditentukan urutan dan cara melipat saya menempel halaman-halaman dollhouse dengan menjahitnya satu demi satu.

Ini adalah proses menempel halaman dollhouse:


Sampai sini saya baru ingat bahwa saya harus menempel lebih dahulu halaman cover hehehe karena jika cover tidak dijahitkan dulu, maka benang jahitan cover akan menabrak halaman dibaliknya. Halaman dibaliknya yang notabene lebih lebar harusnya dijahit setelahnya karena benang jahitnya aman tanpa menabrak halaman cover.




Beginilah tampaknya setelah halaman cover tertempel....


Setelah itu saya menyelesaikan semua tahapnya yaitu menempel halaman dollhouse sampai kedelapan halaman tertempel. Jika ada yang bertanya kapan saya sempat membuat dollhouse, ini saya posting gambar pada saat saya mengerjakannya, yaitu saat si kecil bobo nyenyak. Saya mengerjakan sambil menemaninya tidur =)


Oh ya... ternyata menempel halaman begini cukup sulit dan memakan waktu, karena harus jahit satu-satu di kain yang besar sehingga kesulitan waktu menjahit yang sisi bagian dalam. Sisi bagian luar yang prosesnya cukup mudah.




Sesusai menjahit satu persatu halaman dollhouse, peer berikutnya adalah menyatukan lembaran besar kain playmat ini... karena modalnya hemat maka harus mau repot menyatukan hehehe


Alhamdulillah proses menyatukan lebih mudah karena sudah belajar teknik menjahit baru yang ditemui saat kesulitan menjahit halaman-halaman kemarin, sehingga lebih cepat jadi. Beginilah hasilnya!
Ini halaman depan yang smooth. Bagian atap dilubangi supaya bisa dibawa seperti tas tangan.


Bagian belakang temanya menggambarkan halaman backyard 😃 Dan seperti biasa, saya mencantumkan tahun pembuatan.


Beginilah tampak dalam playmat jika playmat digelar.. cocok sekali untuk memainkan permainan ini.. sayangnya Aica blm paham permainan ini, mungkin nanti akan minta tolong anak tetangga yang sudah SD untuk test drive memainkan dollhouse nya 😄


Melihat lebih dekat sisi kiri.... ada kamar tidur, lemari pakaian, kamar mandi dan ruang baca... entah kenapa saya merasa saya kebalik menempatkan antara kamar mandi dan ruang baca... tapo ya sudahlah.. masa harus dibongkar?? Anothee hardwork to do!
 
Melihat lebih dekat sisi kanan, ada ruang makan, dapur, ruang cuci setrika dan halaman belakang. Sepertinya saya melewatkan ruang tamu, jadi jika ada tamu langsung direct aja ke ruang makan ya hehehe


Ini adalah cara melipat playmat. Sisi kiri dilipat ke arah kanan terlebih dahulu..

Kemudian tutupkan sisi kanan ke arah kiri... (seperyinya gambar ini terbalik upside down-nya)

 Lalu Tutupkan sisi kiri lagi ke arah kanan (dan mungkin yang ini juga terbalik upside down-nya)

 Setelah itu tutupkan dari arah bawah ke atas... tadaa...


Di samping ada tali untuk menyatukan bagian yang terbuka
 Jika diikat akan jadi begini: 

 Yeay playmat siap dibawa main kemana saja 🙌🙌🙌🙌


Alhamdulillah... bersyukur kepada Allah karena sudah berhasil menyelesaikan proyek ini. InsyaAllah akan diteruskan membuat playmat bertema kota. Semoga Berhasil!











No comments:

Post a Comment