About Me

My photo
I'm just ordinary woman who really loves reading and writing :)

Sunday, May 29, 2016

Membuat Playmat dengan Perca Flanel - Busy Book Ideas (PART 1)

Yap.... kali ini saya ingin sharing tentang memanfaatkan perca flanel. Membuat beberapa proyek busy book menyisakan perca-perca yang tidak sedikit dan dibuang sayang. Akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan kain sisa ini untuk membuat proyek yang sama yaitu masih bertema busy book/ playmat. Sempat mencari inspirasi di pinterest untuk pembuatan playmat ini. 
Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa saya pengen membuat playmat bertema kota (jalan-jalan keliling kota) yang di dalamnya nanti ada toko-toko dan gedung-gedung seperti yang kita lihat jika kita jalan-jalan ke kota. Nampaknya ini ide yang cukup bagus untuk memanfaatkan kain sisa flanel. Umumnya playmat seperti ini hanya memfungsikan jalan raya sebagai media yang utama, dan diperuntukkan bagi anak laki-laki yaitu sebagai track mobil-mobilan. Nah, saya pengen permainan ini bisa dimainkan tanpa kenal gender, bisa dimainkan baik anak laki-laki maupun perempuan. Idenya adalah membuat toko-toko yang ada di pinggir jalan bukan hanya sekedar pemandangan saja, tetapi menjual sesuatu yang bisa kita beli~! 

Toko-toko mini tentunya menjual barang dagangan mini juga ya, dan karena itulah perca jadi berguna! Yuk Intip hasil sementaranya ^^

Ini dia tumpukan perca flanelnya, cukup banyak dan berbagai warna ada yah~



Nah ini salah satu cara memanfaatkan percanya ^^
Kain ungu kecil tak beraturan ini bisa menjadi karya seni juga lho...


Potong kecil bentuk bundar seperti ini.....


Buat sebanyak enam buah ya....


Jika sudah, kita cari perca warna senada....


tempel satu-satu perca ungu bundar-bundar tadi...


Setelah tertempel dengan bagus, cari perca flanel hijau yaa.....


Taraa... jadilah anggur!



 Ini dia buah-buahan yang dihasilkan dari kain perca kecil-kecil... gimana? lucu kan?


Buah-buahan ini akan dijual di toko buah, tokonya juga dibuat dengan perca, tapi perca yang digunakan yang lebih lebar ya ^^

Ceritanya, buah-buah dijajar di almari display, lalu ada abang penjaga tokonya. Di samping abang penjaga toko ada kantong plastik dan di atasnya ada kain flanel kotak berwarna biru, kantong dan kotak ini bermakna kasir.
Kantong digunakan untuk meletakkan uang yang digunakan untuk membayar saat membeli buah. Flanel biru menggambarkan jenis uang yang digunakan untuk membayar buah yang dibeli. 
Rencananya setiap toko nanti memiliki jenis uang atau voucher yang berbeda sebagai alat pembayaran. 


Buah-buahan yang dijual disini ada pisang, jeruk, apel, semangka. anggur dan nenas. Pemilihan buah hanya berdasar warna kain yang tersedia saja, hemat! dan memang pembuatan playmat ini kan memanfaatkan flanel yang tersisa hehehe...


Selain Toko Buah ini, yang sudah berhasil dibuat adalah Toko Roti


Nah, toko roti ini menggunakan uang berwarna coklat untuk pembayaran! Mengapa saya membuat permainan seperti ini?salah satu tujuannya untuk mengenalkan warna pada anak, jika membuat satu lagi bisa juga menggunakan jumlah dalam membayar, misal warna uang sama-sama hijau, nanti di toko roti harus menyerahkan 2 lembar uang, sedang di toko buah 1 lembar, itu pun bisa untuk melatih anak berhitung :-)

Tampak depan toko roti~



Ini kasir ^^



Nah, produk rotinya ada apa saja yah?
Wow, ada strawberry cheese cake, Roti isi daging, donat coklat dan green tea dengan taburan meses, hamburger, pizza, roti tawar dan cupcake ^^



Setelah Toko Roti, ada juga Minimarket
Begini lah tampak depan minimarket:






Di dalam mini market, ada kasir dan alat pembayaran yang digunakan adalah uang berwarna pink, lalu ada pula makanan dan minuman yang dijajar dalam lemari display :-)






Apa saja sih yang dijual di minimarket?
Ada cookies, Mie cup, Chips atau kerupuk, air mineral, permen, susu kotak, jus jeruk, teh kotak dan juga es krim ^^





Nah, sementara baru ini yang bisa dibagi, untuk toko-toko selanjutnya akan saya posting insyaAllah pasca menyelesaikan Challenge Indonesia Montessori. Kegiatan Challenge juga insyaAllah akan saya posting di sini :-)
Sampai Jumpa!

No comments:

Post a Comment