About Me

My photo
I'm just ordinary woman who really loves reading and writing :)

Monday, May 9, 2016

Trik Berhasil Membuat Busy Book bagi Ibu Sibuk ;-)

Menulis blog tentang ini kok berasa kaya ibu sibuk yang udah berhasil bikin busy book ya :-D Pada kenyataannya saya tidak sesibuk itu meski bekerja dan tidak punya asisten rumah tangga. Tetapi cara dan trik ini dapat membantu para ibu yang sibuk untuk bisa menyelesaikan proyek busy booknya. Umumnya, kalau mau bikin busy book kita akan gelar-gelar semua alat dan perlengkapan jahit-jahit yang akan kita gunakan saat membuat busy book. Bagi ibu yang punya anak masih balita tentunya harus nunggu anak bobo dulu baru bisa membuat, tapi nanti jika sewaktu-waktu anak bangun dari bobo bisa kacau, gimana beresinnya??
Berawal dari kekacauan ini, yang tentu bikin annoy suami dan juga diri sendiri, makanya terpikir untuk membuat busy bag yang praktis untuk mengerjakan busy book ini. Alat yang diperlukan sebagai berikut:
1. Tas Bayi atau tas apa saja.
2. Gunting.
3. kotak kecil untuk tempat jarum, kancing, dan manik-manik.
4. kotak plastik bekas parsel perlengkapan bayi untuk tempat aneka benang.
    Mengapa saya memisahkan antara benang dan jarum? karena jika tidak dipisah akan menyulitkan,       benang bisa terurai-urai dan menyangkut pada jarum.
5. kain flanel yang telah digunting sesuai pola (tinggal jahit saja), masukkan ke dalam plastik           terpisah.
6. kain flanel yang akan digunakan sebagai media tempel.
   
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat melalui gambar di bawah ini:

Keberhasilan membuat busy book terletak pada pola yang sudah terdesain dengan baik. Jika kita belum tahu apa yang akan kita buat maka keberhasilan membuatnya pun akan kecil. Untuk pemula seperti saya, saya mencari pola yang sudah jadi dan tersedia untuk didownload secara gratis di internet. Contohnya seperti gambar di bawah ini, saya mendapatkan polanya di sini imagine our life : dollhouse

  • print polanya

  •  potong polanya






  •  masukkan pola yang sudah dipotong ke dalam plastik


  • masukkan benang-benang yang diperlukan ke dalam plastik parsel



  • masukkan jarum jahit, jarum pentul, kancing dan pernik lainnya di dalam kotak kecil



  • Setelah semua alat dan perlengkapan siap,  masukkan semuanya ke dalam tas. Tips saya, yang dimasukkan hanya 1 proyek saja (satu halaman busy book). Jika telah selesai 1 halaman ini, kita isi tas dengan proyek berikut (halaman selanjutnya).
  • Kira-kira seperti ini penampakan busy bag-nya.




  • busy bag telah siap



Bagaimana menggunakan busy bag ini?
Busy bag ini bisa kita buka sewaktu-waktu kita luang. Kalau saya sendiri lebih sering membuka saat anak saya tidur. Setiap anak saya tidur dan setelah saya menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, saya akan buka tas ini, mengeluarkan plastik berisi pola, benang yang dibutuhkan, satu jarum dan gunting. Khusus gunting, setiap kali saya selesai menggunting akan langsung saya masukkan lagi ke tas, tas bisa dibiarkan terbuka selama kita mengerjakan.
Alasan mengapa gunting langsung masuk adalah mempercepat proses membereskan jika anak tiba-tiba bangun dan meminta perhatian kita.
Biasanya saat anak saya terbangun/meminta perhatian, saya bisa langsung dengan mudah memasukkan alat yang saya gunakan dan menutup tas kembali karena saya hanya perlu memasukkan pola yang sedang saya kerjakan dan satu benang. Benar-benar praktis.
ke-praktis-an ini yang membuat saya tidak malas mengerjakan busy book dan saya pun bisa mengerjakan kapan saja saya luang tanpa perlu membongkar-bongkar kotak peralatan jahit semuanya dan tidak harus gelar-gelar alat dan perlengkapan seperti orang berdagang ^^
Selamat mencoba!



5 comments:

  1. Wah terimakasih banyak mba tipsnya. Semoga berhasil.

    ReplyDelete
  2. wahh.. mbak.. ini bikin semangat saya yang busy book nya masih dalam tahap niat. ehehhhe.. makasih ya mbaak...

    ReplyDelete
  3. caraku bgt ini mbak, sampe tasnya dibawa ke kantor biar bisa dikerjakan pas istrht

    ReplyDelete